Pidi Baiq

Berbagai alasan diungkapkan tentang buku Helen dan Sukanta yang tak kunjung rampung. Para followers terus mengirim pesan kapan novel dengan latar belakang masa lampau ini rilis. Padahal, novel ini sudah lama digaungkan sejak 2017. Namun sampai saat ini, novel Helen dan Sukanta masih dalam proses.

Di samping itu, buku lanjutan Milea pun sudah lama digaungkan oleh Pidi Baiq. Tetapi, sampai saat ini belum rilis juga. Ternyata, Ayah memang ingin merilis Helen dan Sukanta dulu sih. Katanya, sama aja kalau Ayah mau makan dulu, ya pasti mau makan dulu, bukan pengin nikah lagi dulu~

Perlu Riset

Karena memerlukan riset yang panjang supaya mengutuhkan nilai cerita, makanya enggak cepet lho dibikinnya. Kendati draft novel telah diunggah pada 2017 lalu, Pidi Baiq masih mengurus proyek lain seperti shooting film Dilan 2, Milea, Koboy kampus, juga 2 buku lain seperti Koboy Kampus dan Puisi Cap Pistol Orangtua.

Khusus untuk novel Helen dan Sukanta memang bukan garapan buku yang asal jadi. Banyak hal yang harus di riset seperti pengumpulan data jaman kolonial atau membaca ulang beberapa referensi novel dan roman yang dianggap serupa.

Ada beberapa buku yang mesti dibaca Pidi Baiq sebagai referensi novel Helen dan Sukanta. Misalnya Oeroeg, sang juragan teh, tetralogi buru, juga beberapa literasi belanda yang berkaitan dengan Hindia Belanda.

Baca juga: Alasan Novel Helen dan Sukanta Wajib Jadi Bacaan Kamu

Novel ini bukan lagi karya yang sering ceritanya ditemukan di mana-mana. Bisa jadi, Helen dan Sukanta adalah karya roman Pidi Baiq yang pertama.

Menurut editor buku Helen dan Sukanta, novel ini cukup berbeda dari karya-karya Pidi Baiq sebelumnya. Tentu dilihat dari alur dan kompleksitas konflik yang dibangunnya. Pun secara fisik, novel ini lebih tebal dari novel sebelumnya.

Lantas, karya yang tidak main-main ini perlu ketelitian dan usaha yang lebih keras dari sebelumnya supaya menyuguhkan kepada pembaca dengan baik dan apik. Tidak asal-asalan dan semua pembaca mampu menghayati bagaimana suasana tahun 1924 yang mana nenek kita saja belum lahir ya!?

Buat kamu yang sudah enggak sabar nunggu, kabarnya sih sebelum Desember novel ini mau rilis. Daripada nungguin, mendingan lirik buku lainnya yang bakal rilis di bulan November. Siapa dia? Tentu buku Kita dan Kata karya Jein @setiyantohendri. Kalau mau bocorannya, intip deh di sini!

Baca Juga : Bocoran Naskah Buku Kita & Kata Karya Setiyanto Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

error

Please follow & like us :)