setiyanto hendri

Jein alias Setiyanto Hendri melakukan self editing kepada bukunya yang berjudul Kita dan Kata. Baginya, self editing itu perlu, baik untuk unggahan di Instagram atau sebuah buku.

“Ketika saya menulis kemudian untuk self editing, baik untuk instagram dan buku Kita dan Kata, saya lebih ke self editing. Jangan sampai kemudian terlalu perfeksionis, kita tidak jadi menulis karena terlalu banyak pertimbangan,” katanya, Selasa (22/10/2019) dalam acara Matraman Literart Festival.

Saat penulis terlalu perfeksionis, maka tulisan tidak rampung juga. Oleh sebab itu, menulis itu lebih baik ada editornya.

Jein Saat Stuck

kita dan kata

Jika Jein terkena stuck atau writer’s block, ia membaca buku atau mencari inspirasi dari sekitar. Bahkan ketika stuck membuat gambar, ia akan menggambar orang lagi stuck yang enggak bisa mikir.

“Saya melibatkan perasaan. Tapi ada juga melibatkan fantasi atau ke haluan, imajinasi kita. Kadang kita menulis cinta, kita gak selalu harus merasakan terlebih dulu. Kita bisa membayangkan itu. Tapi saya sendiri sesuai dengan perasaan,” paparnya.

Seperti yang kita ketahui, Jein menulis buku Kita dan Kata karena ia berada dalam situasi yang tidak enak. Ada orang menyebalkan yang menjadi penyebab Jein menulis.

“Aku tulis aja tuh,” katanya.

Yang deras bukan hujan tapi rindu, yang membekas bukan kenangan, tapi pilu, yang mengecewakan bukan penantian, tapi kamu.

Maksud dari kutipan itu adalah kalau orang dalam jarak jauh menunggu senang dalam kerinduan, tapi kalau orangnya tidak datang juga, hal itu menyebalkan.

BACA JUGA : FAISAL SYAHREZA BICARA TENTANG SELF EDITING

Meskipun Jein bukan berlatar belakang sastra, ia bisa membuktikannya lewat buku Kita dan Kata. Karena tulisan ini, mereka menganggap ini tulisan sastra. Mereka beranggapan yang bisa menulis itu orang sastra atau orang bahasa.

“Saya pengen mematahkan asumsi-asumsi itu. Kalau dia pengen tulis bukan dari backgroundnya tapi karena memang kita ingin menulisnya,” kata Jein.

Saya bukan orang sastra, saya setiap hari (belajar) kimia matematika, (jadi) saya hanya nulis angka dan rumus. Jadi saya merasa bosan sekali, jadi kayaknya seru saya menuliskan dengan tulisan- tulisanku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

error

Please follow & like us :)