Blog

komik dilan

Iqbal bukan Dilan. Kamu pasti tahu lah ya cerita Dilan berlatar tahun 90-an. Berarti jelas Dilan bukan Iqbal. Iqbal hanya pemaran Dilan dalam Film. Tapi memang, sedikit citra Iqbal melekat pada Dilan. Sedikit ya, tidak banyak. Terlepas dari akting Iqbal yang jago, Iqbal berdarah sunda dan memiliki kepintaran yang tergambar juga pada karakter Dilan.

Kalau Iqbal bukan Dilan, lalu siapa Dilan? Orang-orang mulai berspekulasi. Ada yang bilang Dilan adalah Surayah alias Pidi Baiq sendiri. Pendapat ini muncul karena cerita Dilan ditulis dengan sangat detil. Seolah-olah penulisnya sendiri yang mengalaminya. Plotnya sangat rapi. Tapi, Pidi Baiq bilang sendiri di novelnya kalau dia hanya menuliskan cerita Dilan. Yang artinya Dilan bukan Pidi.

Ada juga yang bilang Dilan adalah Ivan Rivky Kabira, pendiri sekaligus Ketua Umum XTC, komunitas motor di Bandung. Tapi, Pidi Baiq membantah, Ivan bukan Dilan.

Oke, karena spekulasi terus bergulir dan tidak menemukan jawaban yang pasti. Maka, kita cukupkan pencarian sosok Dilan sampai di sini. Biarkan Dilan hidup dalam imajinasi kita, Dilan yang pemberani, pandai, lucu, dan menyenangkan. Kita nikmati kisah cintanya, kita bayang-bayangkan sosoknya, dan kita rasakan nuansa romansa dalam ceritanya.

Kalau kamu masih tidak cukup dengan teks untuk menggambarkan sosok Dilan. Ada komik Dilan yang lebih banyak mengilustrasikan sosok Dilan. Ilustrasi yang melepaskan imajinasi kita dari sosok Iqbal, Pidi Baiq, atau Ivan sekali pun.

Ini tampilan Dilan versi komik. Bagaimana? Apakah lebih mendekati imajinasimu?

Kalau masih kurang, dikasih lagi bocoran isinya. Niiih …

Di komik ini kita bisa temukan setiap detil cerita di dalam novel. Tidak ada pemotongan beberapa bagian seperti yang ada di Film. Bahkan kekesalan atau batin tokoh terilustrasi dengan baik melalui gambar. Kita akan benar-benar melihat secara visual bagaimana Milea kesal pada Dilan. Ini contohnya:

Ya, kembali lagi, Dilan bukan Iqbal, Pidi Baiq maupun Ivan. Tapi, dia adalah sosok yang ada di dalam imajinasimu, yang menjadi penyemangatmu dan penghiburmu. Kisah cinta Dilan akan tetap ada di tahun 90-an. Dan gambaran detilnya bisa dilihat dari ilustrasi grafis yang ada di komik Dilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *