Potret Ciwidey memang langka atau sulit ditemukan. Namun, sekilas gambaran di bawah ini mungkin bisa mewakili perasaan Hindia Belanda zaman dulu alias tanah air Indonesia. Khususnya Ciwidey yang punya cerita panjang Nyonya Helen dan Sukanta.

Perkebunan teh yang asri, derasnya air terjun yang membawa alirannya menuju sungai, airnya jernih dan dingin, serta bebatuan yang nampak bersih dan asri.

Pepohonan melik di sisi. Rumah kayu berderet dikelilingi pohon yang menjulang tinggi. Bukit menghiasi dan menemani setiap hari. Menjadi pagar bagi rumah-rumah rakyat di sana.

Rancabali, Ciwidey

Rumah kayu dan penduduk pribumi tengah berada di depan huniannya. Meski tampak reot, namun rumah itu menghangatkan di kala cuaca sangat dingin, menyejukkan kala panas terik memayungi. Akan tetapi, Rancabali berada di lokasi yang tinggi. Sepanas-panasnya Ciwidey, perkebunan teh tersebut tetap asri dan sejuk.

Situ Patenggang

Mungkin saat dulu Situ Patenggang dipenui kuda yang tengah memakan rumput. Airnya masih penuh dan jernih. Cuacanya masih asri dan segar. Hewan peliharaan dibiarkan tersebar supaya mereka tetap kuat dan tangguh. Tetapi saat ini Situ Patenggang semakin terlihat dasarnya. Airnya surut di kala kemarau, halamannya kadang-kadang dihiasi sampah plastik. Ulah wisatawan tak bertanggung jawab membuat tanah Situ menjadi tidak indah.

BACA JUGA : KUMPULAN QUOTE HELEN DAN SUKANTA JADI BUKTI DILAN DAN MILE PUNYA SAINGAN BERAT

Jalan Menuju Kebun Teh Rancabali

Masih di tempat yang sama, jalanan menuju kebun teh nampak sepi. Pohon-pohon masih berdiri tegak, cuaca hangat, dan keindahan pemandangan jalan yang ingin segera dilewati. Supaya kebun teh segera tercapai untuk dinikmati.

Pabrik Teh Malabar

Katanya ini adalah pabrik teh Malabar. Meskipun berada di Pangalengan, hasil teh dari sini juga tren sampai sekarang. Ya, setidaknya potret soal Ciwidey tidak jauh dari suasana seperti ini. Bangunannya masih dirawat sampai sekarang mengikuti sejak dulu.

Kebun Teh Rancabali

https://www.pinterest.com/fotoindonesiajamandulu/

Sebuah foto aerial perkebunan teh Rancabali. Terlihat bagaimana tata kotanya yang cukup apik. Mulai dari jalan raya sampai jalanannya yang meliuk. Di sisinya terdapat hamparan kebun teh yang memesona mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

error

Please follow & like us :)