Tak henti-hentinya mimin bahas Helen, gadis Belanda yang jatuh hati pada Sukanta. Siapa Sukanta? Seganteng apa dia? Penasaran deh. Ya! Sukanta adalah pribumi, perjaka kampung Bandung Selatan yang wibawanya menusuk hati Helen. Pria tampan karismatik yang mampu mencuri hati Helen.

Helen ini memang kesepian. Ayahnya melarang ia main di luar rumah. Makanya, ia punya aktivitas berbeda dari anak-anak lainnya. Seperti bermain musik dan bermain bersama pengasuhnya Sitih. Karena Helen tumbuh dari keluarga yang berkecukupan, di rumahnya terdapat banyak buku dan mainan.

Di rumahku ada radio, gramofon, piano, buku-buku dan banyak mainan, dari mulai boneka sampai meccano

Meskipun pernah ketahuan jajan di warung sama ayahnya sehingga Sitih pun sempat ditegur. Helen dimarahi. Wajar, Helen adalah anak-anak yang ingin pula bermain dengan teman sebayanya.

Waktu umur 10 tahun, Helen mampu memainkan biola. Ia bisa memainkan potongan-potongan lagu Strauss, atau menyanyikan lagu-lagu gereja. Selama beberapa menit, ia duduk di kursi kamar sembari bersenandung dan melantunkan beberapa lagu.

“Kemudian, suara biola itu akan memenuhi ruangan, sampai semuanya menjadi terasa begitu dekat dengan perasaanku,”

Kesepian itulah yang membawa Helen menuju seseorang. Ketika ada pria tampan karismatik kenal dengannya. Ia pun nyaman dalam bergaul di tengah kesepian yang lama mengurungnya.

Sukanta adalah perjaka Bandung Selatan yang memakai iket batik sebagai ciri khas kesundaannya. Sering bertelanjang kaki kesana kemari. Ukan adalah anak yang paling rapi di antara yang lainnya. Tentu, Helen pun jatuh hati padanya.

Helen tumbuh sebagai gadis Belanda yang tinggal lama di Ciwidey. Soal urusan Bahasa Sunda, ia pun memahami. Dalam kutipan di novel Helen dan Sukanta, sekilas Helen mengakui beberapa hal.

“Aku bisa menggunakan Bahasa melayu dan Bahasa Sunda melalui apa yang aku dengar dan oleh karena terbiasa menggunakan Bahasa itu terutama dengan Sitih,” ujarnya.

BACA JUGA : CIWIDEY, TEMPAT HELEN BERTUMBUH BERSAMA SUKANTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

error

Please follow & like us :)