Blog

floor-4335428_640

Selain kaya akan keragaman hayati, sosial, dan budaya, Indonesia juga terkenal loh dengan hantu-hantu menyeramkan. Bahkan hantu-hantu itu sempat menjadi urban legend suatu daerah, atau mungkin hingga saat ini.

Malah, mungkin ada beberapa dari kalian yang pernah ketemu sama hantu urban legend?! Waduh serem juga ya. Ada yang trauma sampai sekarang bahkan ada yang udah enggak mau lagi deh sangkut paut soal kayak gitu. Hiiiih.

Berikut beberapa rangkuman hantu yang menjadi urban legend di Indonesia kalau kamu mau tahu nih~

Wewe Gombel

Wewe Gombel digambarkan sebagai hantu wanita berambut panjang dan memiliki sayap menyerupai kelelawar. Bagi anak 90’an pasti tak asing dong dengan cerita mitos Wewe Gombel. Ketika petang orang tua kita menyuruh untuk pulang ke rumah, jika tidak maka akan dibawa oleh sosok Wewe Gombel.

Orang tua kita sering menakut-nakuti bahwa anak yang bandel akan disekap dan dibawa ke dimensi lain oleh Wewe Gombel. Maka ketika petang, kita wajib hukumnya untuk pulang ke rumah.

Namun sejak berkembangnya teknologi, banyak beredar video yang memperlihatkan ada seorang anak yang terjebak di sebuah pohon. Konon katanya ia dibawa oleh Wewe Gombel.

Cerita ini berkembang diseluruh wilayah di Indonesia dan menjadi cerita urban legend pada masanya. Bahkan Risa Saraswati pun menuliskan khusus novel tentang Wewe Gombel dengan judul buku Sandekala.

Mr. Gepeng

Anak yang lahir tahun 1990-an tak mungkin rasanya tak kenal Mr. Gepeng. Sosok mitos yang berkembang mengenai seorang laki-laki yang terjepit lift hingga berbentuk gepeng. Bahkan ada juga yang menceritakan bahwa Mr. Gepeng meninggal karena terlindas Buldozer.

Urban legend ini tak jelas asal-usulnya. Namun kala itu kita bisa berinteraksi dengan Mr. Gepeng melalui sambungan telepon!? Yah telepon.

Jika kita menekan angka 7777777 (7 kali angka 7) maka akan tersambung dengan Mr. Gepeng. Dulu anak-anak yang iseng permah mencoba menghubungi nomor itu dan diangkat meski tak ada jawaban. Konon yang mengangkatnya adalah Mr. Gepeng.

Aneh yah, hantu punya nomor telepon pribadi? Tapi itulah cerita hantu zaman dulu yang dipercayai orang-orang pada zamannya.

BACA JUGA : Rumah di Perkebunan Karet, Novel Horor yang Wajib Ditunggu

Kolor Ijo

Sosok ini sempat tenar di pertengahan 2000-an. Saat itu ada cerita tentang seorang perempuan yang diperkosa oleh sesosok mahluk bertubuh besar dan memakai warna ijo, tapi ada juga yang menyebut seluruh tubuhnya berwarna ijo

Cerita Kolor Ijo menjadi teror tersendiri bagi suatu warga kampung. Karena mereka datang meneror dari rumah ke rumah untuk memperkosa perempuan.

Penduduk kampung itu membuat kesimpulan bahwa pelaku pemerkosaan itu adalah seseorang yang sedang menyempurnakan ilmu hitamnya dengan syarat memperkosa banyak wanita. Baik gadis maupun yang telah bersuami.

Kejadian itu pun memancing reaksi keras. Penduduk kemudian memasang berbagai penangkal seperti penaburan garam di pintu masuk dan menempel kertas-kertas bertuliskan ayat suci. Konon pantangan Kolor Ijo tidak boleh tersentuh garam.

Si Manis Jembatan Ancol

Kisah Si Manis Jembatan Ancol menjadi urban legend bagi masyarakat di Jakarta. Beragam versi mengenai sosok Si Manis penghuni Jembatan Ancol tersebut. Namun yang paling dipercayai bahwa ia adalah perempuan bernama Maryam

Maryam yang lahir pada masa Belanda tewas mengenaskan. Mulanya, Maryam melarikan diri dari kejaran saudagar kaya yang ingin menjadikan perempuan simpanan. Nahas, ketika melewati jembatan Ancol, ia terjatuh ke danau Sunter dan meninggal seketika.

Karena kematiannya yang tidak wajar, arwah Maryam bergentayangan di sekitar Jembatan Gantung Ancol dan mendapat julukan “Si Manis” karena parasnya yang cantik. 

Konon jika hendak melewati Jembatan Ancol dengan kendaraan, pengendara harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali guna meminta izin Maryam untuk melewati daerah kekuasaannya. Jika tidak, Maryam akan menampakan dirinya menggunakan gaun merah.

Hantu pastor tak berkepala

Kisah pastor tak berkepala ini menjadi cerita mistis turun temurun di Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta. Dikisahkan, pada waktu-waktu tertentu ia acapkali menampakkan diri sambil membawa buku dan ditemani seekor anjing hitam.

Bahkan ada juga versi yang menyebutkan, bahwa pastor itu berjalan sambil menenteng kepalanya. Wuiihhh serem. Konon pastor itu merupakan misionaris yang dipenggal kepalanya karena dianggap penjajah Belanda. Ia dimakamkan di sekitar TPU Jeruk Purut, dan arwahnya bergentayangan. Bahkan ceritanya diangkat ke layar lebar!

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Buku Horor Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *