Blog

shutters-669296_640

Mahasiswa perantauan atau para pekerja yang merantau ke kota kembang, pasti lagi cari kosan-kosan yang adem ayem, nyaman, deket lokasi kerja/kampusnya, sama satu lagi : enggak nyeremin. Yeps, kadang kita enggak tahu ada aja kosan yang serem, bekas apalah itulah inilah, yang sejarahnya kita enggak tahu. Ya mana tau kan?!

Kayak rumah yang pernah ditempatin Brii. Dia pas kuliah jaman dulu enggak tahu tuh kalau rumah yang dijadikan kosannya selama kuliah ternyata udah lama gak ditempatin. Terus, ada seseorang yang gaib dan ada sejarah yang nyeremin. Alhasil, sudahlah mereka diganggu yaa ditemenin deh ya. Baca selengkapnya sih di buku “Rumah Teteh”.

Nah kalau kali ini sih mimin mau ngasih kiat sukses cari kosan yang aman-aman aja lah ya. Biar kamu tidur nyenyak dan enak kalau mau sendirian enggak keluar kosan pas lagi libur. Apa sih caranya?

  1. Googling soal area angker dan serem di Bandung. Pastikan kamu enggak terlalu deket sama jalan yang sering jadi tempat-tempat serem atau banyak kejadian. Supaya kamu aman-aman aja sih. Upayakan juga enggak deket sama bangunan serem yang sering jadi bahan obrolan orang-orang.
  2. Deket area kuliner itu ide bagus. Selain kamu lebih mudah dalam membeli makan, pasti area itu juga sering dikunjungi pedagang dan pembeli tentunya.
  3. Cari kosan itu harus survey langsung ke kosan. Jangan cuma mengandalkan foto dan video di website, kamu mesti terjun langsung. Kamu rasakan bagaimana vibes dan ambience kosan tersebut. Ketahuan kan mana kosan lama atau kosan baru dibangun.
  4. Deket sama lokasi kamu kerja atau ngampus. Usahakan maksimal 1 km dari lokasi supaya kamu bisa jalan kaki aja~ Hemat ongkos kan.
  5. Pernah ditempatin sama temen kamu. Nah, kalau udah gini kamu bisa dapet ulasan yang bener-bener dari teman terdekat. Pastinya dia juga pernah dapet cerita-cerita soal kosan apakah kosan yang ditempati bener-bener serem atau biasa aja.
  6. Deket pemukiman penduduk. Soalnya kalau jauh dari pemukiman penduduk, ya kamu sulit untuk bercengkerama dan dikenal sama tetangga lain. Setidaknya kamu punya keluarga baru di perantauan. Dari penduduk sekitar, kamu juga bisa tanya-tanya lho apakah kosan yang bakal kamu tempatin itu aman atau enggak. Aman dari yang serem-serem~ hehe
  7. Kalau bisa sih yang kamar mandi di dalam kamar. Males kan kalau mau buang air pas malem-malem? Haduuu…. Ini bakal meminimalisasi tingkat kesereman~
  8. Cat kosan berwarna terang bisa membuat mood kamu bagus. Misalnya minimal putih, krem, pastel, atau biru terang. Kalau cat kosannya aja udah butek, bikin kosan jadi agak ga enak dirasa gitu. Ya enggak sih?
  9. Kosannya diisi oleh banyak orang supaya kamu juga nyaman dan punya teman baru. Kalau se-kosan cuma dikit, takut enggak sih…
  10. Lebih enak kalau kosannya nyatu sama rumah ibu kos. Selain aman dan nyaman, kamu juga enggak bakal serem kalau sendirian. Karena masih ada keluarga ibu kos kan. hehe.

BACA JUGA : Rumah Tua di Bandung yang Nyeremin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Please follow & like us :)